Koalisi Arab : Senjata yang Digunakan untuk Menyerang Kilang Minyak Saudi Berasal dari Iran

213

Lensaislam.com : Koalisi Arab mengatakan bahwa penyelidikan menunjukkan senjata yang digunakan dalam serangan terhadap dua fasilitas minyak Saudi Aramco berasal dari Iran.

“Penyelidikan terus berlanjut dan semua indikasi adalah bahwa senjata yang digunakan dalam kedua serangan berasal dari Iran,” kata Juru bicara koalisi Turki al-Maliki kepada wartawan di Riyadh, seperti dilansir dari Al Arabiya, Selasa, (17/9/2019).

Al-Maliki menambahkan bahwa penyelidikan sekarang sedang mendalami dari mana tempat senjata itu ditembakkan. “Hasil investigasi akan diumumkan segera kepada media saat semua proses penyelidikan telah selesai,” ujar Al-Maliki.

Serangan menggunakan pesawat tak berawak terhadap dua kilang minyak Saudi Aramco terjadi pada Sabtu kemarin di Abqaiq dan Hijrat Khurais, Arab Saudi. Serangan pada hari Sabtu tersebut disebut bisa mengganggu pasokan minyak dunia.

Presiden Trump menyebut Iran merupakan dalang dari serangan tersebut, sementara itu Iran membantah telah melakukan serangan. Di samping itu, kelompok Syi’ah Houthi Yaman mengklaim sebagai pihak yang melakukan serangan. Namun pejabat AS menyebut bahwa citra satelit menunjukkan serangan berasal dari arah Iran. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli

Berikan Tanggapan Anda

comments

LEAVE A REPLY