KNKT Peroleh Rekaman dan Transkrip Pembicaraan Pilot Pesawat SJ-182 dan Petugas ATC

287

Lensaislam.com : Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sudah mendapatkan rekaman dan transkrip pembicaraan antara pilot pesawat Sriwijaya Air SJ-182 dengan petugas lalu lintas udara atau air traffic controller (ATC) dari Airnav Indonesia.

“Tim sudah mengirim dua orang untuk pengumpulan data di Airnav dan sudah mengumpulkan rekaman berikut transkrip pembicaraan antara pilot dengan pengatur lalu lintas udara,” kata Ketua Sub Komite Penerbangan KNKT Capt Nurcahyo Utomo dalam keterangannya, seperti dilansir dari Beritasatu.com, Senin (11/1/2021).

Tim KNKT juga sudah mendapatkan data mentah dari data radar pergerakan pesawat yang akan dikaji lebih lanjut.

“Tim juga susah melakukan wawancara dengan petugas lalu lintas udara yang kemarin bertugas mengendalikan penerbangan yang mengalami kecelakaan. Belum semua tuntas dilakukan. Akan ada beberapa interview yang akan dilakukan,” jelas Nurcahyo.

Dikutip dari KNKT.go.id, Pesawat Sriwijaya Air rute Jakarta-Pontianak mengalami hilang kontak saat terbang dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng pada Sabtu, 9 Januari 2021. Pesawat dengan nomor penerbangan SJ 182 dengan registrasi PKCLC terakhir melakukan kontak ke Jakarta Approach pada pukul 14.30 PM.

Saat berada di ketinggian 1.700 kaki, pesawat diizinkan naik ke ketinggian 29.000 kaki dengan mengikuti Standard Instrument Departure. Pukul 14.40 WIB, Jakarta Approach melihat pesawat Sriwijaya Air tidak ke arah 075 derajat melainkan ke Barat Laut (North West) yang tidak lama kemudian hanya dalam hitungan detik, pesawat hilang dari radar.

Sumber : Beritasatu.com, KNKT.go.id

comments

LEAVE A REPLY