Kerusakan Software, Masalah Baru Kembali Ditemukan Pada Pesawat Boeing 737 MAX

463

Lensaislam.com : Pihak Boeing mengakui telah menemukan masalah baru pada software Pesawat Boeing 737 MAX yang saat ini masih diparkir secara global sejak 13 Maret 2019 akibat dua kecelakaan fatal pesawat tersebut pada tahun lalu. Perusahaan itu telah memberi tahu perihal kerusakan kepada Otoritas Penerbangan Amerika Serikat (FAA) dan pelanggannya.

“Masalahnya ada di perangkat lunak komputer kontrol penerbangan pesawat. Itu terbatas pada bagaimana ia melakukan pemeriksaan validasi selama start-up dan salah satu fungsinya tidak bekerja dengan baik,” kata Boeing dalam keterangannya, seperti dilansir dari Bloomberg, Senin, (20/1/2020)

“Kami membuat pembaruan yang diperlukan dan bekerja dengan FAA tentang pengajuan perubahan ini, dan memberi tahu pelanggan dan pemasok kami. Prioritas tertinggi kami adalah memastikan 737 MAX aman dan memenuhi semua persyaratan peraturan sebelum kembali ke penerbangan,” tambah Boeing.

FAA tidak mengomentari langsung masalah terbaru yang muncul pada pesawat yang dilanda masalah tersebut. “Kami terus bekerja dengan regulator keselamatan penerbangan internasional lainnya untuk meninjau perubahan yang diusulkan pada pesawat. Prioritas pertama kami adalah keselamatan, dan kami tidak menetapkan kerangka waktu kapan pekerjaan akan selesai,” ungkap FAA dalam pernyataannya.

Tidak jelas bagaimana perbaikan akan memakan waktu. Sistem perangkat lunak pada pesawat terbang memerlukan tingkat keandalan dan pemeriksaan yang jauh lebih tinggi sebelum disetujui untuk kembali diterbangkan. (DH/MTD)

Sumber : Bloomberg | Redaktur : Hermanto Deli

comments

LEAVE A REPLY