Kanada Minta Bantuan Sekutu untuk Meredakan Ketegangan dengan Arab Saudi

34

Lensaislam.com : Kanada dilaporkan sedang meminta bantuan Uni Emirat Arab dan Inggris untuk meredakan perselisihan diplomatik dengan Arab Saudi. Pemerintahan Perdana Menteri Justin Trudeau disebut akan berkunjung ke Uni Emirat Arab.

“Kuncinya adalah bekerja dengan sekutu dan teman-teman di kawasan untuk mendinginkan segalanya, yang dapat terjadi dengan cepat,” kata sumber yang menolak untuk diidentifikasi karena sensitivitas situasi, seperti dilansir dari Al Arabiya, Rabu, (8/8/2018).

Kanada juga akan meminta bantuan dari Inggris. Pemerintah Inggris pada hari Selasa mendesak kedua negara itu untuk menahan diri.

Amerika Serikat, yang secara tradisional merupakan sekutu terdekat Kanada menolak untuk ikut campur dalam krisis tersebut. Presiden AS Donald Trump yang mengkritik Trudeau pada KTT G7 pada bulan Juni lalu lebih memilih untuk berpihak kepada Riyadh.

Sengketa diplomatik Saudi-Kanada mengancam perdagangan bilateral antara kedua negara yang bernilai hampir $ 4 miliar dolar per tahun. Kanada mengatakan tidak tahu apa yang akan terjadi pada kontrak perdagangan dan pertahanan kedua negara ke depannya. Kemenlu Kanada menolak untuk berkomentar akan hal itu.

Sementara itu, Pasar Eropa mengatakan bahwa Agency Saudi telah memberi tahu mereka bahwa Arab Saudi tidak akan lagi menerima gandum dan jelly asal Kanada. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here