Jika Aku: ……. Ditengah Wabah Covid-19 Yang Melanda

301

Jika Aku………………………………….
Ditengah Wabah Covid-19 Yang Melanda

1. Jika aku Pemimpin maka aku akan berusaha mengambil kebijakan-kebijakan yang akan melindungi masyarakat ku dari terpapar Covid-19, dengan memperhitungkan segala aspek, walaupun sampai mengambil tindakan Lockdown, aku hanya ingin menyelamatkan masyarakatku karena tanpa mereka aku bukan siapa siapa.

2. Jika aku penegak hukum maka aku pada masa-masa sulit ini akan melakukan sosialisasi hukum tentang apa saja yang terkait dengan keadaan Covid-19, terhadap orang-orang yang mengambil kesempatan dalam kesempitan aku akan tindak tegas, mendisiplinkan masyarakat terhadap instruksi-instruksi pemerintahan agar Covid-19 cepat berlalu.

3. Jika aku tenaga medis, ini adalah hari milikku karena hanya aku yang mengerti seluk beluk dari musuh (Covid-19), aku tidak melawan dengan peluru, aku melawannya dengan ilmu. Aku bangga memiliki kesempatan untuk menjadi garda terdepan untuk melawan musuh (Covid-19) untuk melindungi orang-orang tercinta dari keluarga ku, karib kerabatku, Pemimpin ku dan seluruh orang yang menaruh harapan kepada ku.

4. Jika aku pengusaha banyak duit, aku akan sisihkan sebagian (atau sebagian besarnya) untuk membantu pemerintahan menghadapi cobaan ini dan akan ku bantu para tentara (tenaga medis) yang menjadi pahlawan ku yang rela mengorbankan nyawa untuk melindungi orang-orang yang berada dibelakangnya. Aku akan serahkan HOTEL mewah milikku untuk digunakan secara cuma-cuma sebagai tempat peristirahatan untuk para pahlawanku (tenaga medis), Aku akan jadikan Rumah Makan Sederhana milikku sebagai sumber makanan bergizi yang aku antarkan kepada mereka 3 x sehari secara gratis. Aku akan siapkan 10.000 (saya cukupkan 10 ribu paket agar uda-uda Ambo yang lain dapek bagian pulo) paket sembako untuk para pekerja harian dan fakir miskin yang tidak bisa bekerja di masa-masa sulit ini.

5. Jika aku pekerja harian dan orang-orang yang jatuh (tidak berada, BC-fakir) aku akan bersabar dan tabah menghadapi musibah ini, akan ku jadikan tanganku yang papa dan baju yang usang ini untuk memperbanyak banyak mengetuk pintu langit, agar kiranya Allah سبحانه وتعالى kasihan kepada ku dan mau mendengar do’a ku, karena aku berharap pernah membaca hadits nabi Muhammad صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

هل تنصرون إلا بضعفائكم بإخلاصهم ودعائهم وصلاتهم

“Bukankah kalian ditolong (oleh Allah) melainkan karena para dhua’afa (orang-orang lemah) kalian, yakni: dengan sebab keikhlasan mereka, doa mereka, dan sholat. (HR Nasa’i. 3179)

6. Jika aku seorang Da’i aku akan selalu berdakwah untuk memahamkan masyarakat ku tentang agama, agar mereka senantiasa membersihkan diri mereka dari ketergantungan kepada selain Allah سبحانه وتعالى dan tidak memisahkan antara tawakal dan ikhtiar, agar bertaubat dari segela maksiat yang dilakukan, memperbanyak beramal sholeh dimasa-masa sulit ini, dan selalu mendengar dan taat kepada pemerintahan agar kita bersama sama bisa melewati masa-masa sulit ini.

7. Jika aku seorang pelawak, maka aku akan berusaha mencari profesi yang lain karena sangat tidak lawak jika aku melawak pada masa-masa sulit ini, aku akan mencoba berusaha mencari usaha lainnya yang diridhoi Allah سبحانه وتعالى karena aku juga takut terhadap lawakan yang aku buat dengan dibumbui kedustaan agar orang-orang mendengar nya menjadi tertawa.

وَيْلٌ لِلَّذِي يُحَدِّثُ بِالْحَدِيْثِ لِيُضْحِكَ بِهِ الْقَوْمَ فَيَكْذِبُ وَيْلٌ لَهُ وَيْلٌ لَهُ .

Celakalah bagi seseorang yang bercerita dengan suatu cerita, agar orang lain tertawa maka ia berdusta, maka kecelakaan baginya, kecelakaan baginya. (Shahîh, diriwayatkan Imam at-Tirmdzi dalam Sunan-nya (2315))

Masih banyak lagi profesi-profesi yang belum penulis tuliskan, semua kita bisa melakukan hal yang terbaik untuk kemudian memberikan sumbangsih yang besar nilainya (besar kecil suatu kebaikan tergantung kepada keikhlasan mu) sehingga kita melewati masa-masa sulit ini dengan bergandengan tangan menuju kejayaan INDONESIA.

Oya.. Profesi penulis hanya guru ngaji, maka dimasa-masa sulit ini Aku ngajar ngaji Via Online (silahkan ikuti Tahsin Online Via LINE di no 085365170722) setiap Selasa dan Kamis ba’da Isya, InsyaAllah

Profesimu apa…?
Apa yang kamu lakukan untuk masyarakat dimasa-masa sulit ini…?

بارك الله فيكم
وجزاكم الله خيرا

Oleh : Ridho Abu Abdillah

comments

LEAVE A REPLY