Investigasi PBB : 30.000 Anggota ISIS Masih Berada di Irak dan Suriah

26

Lensaislam.com : Laporan investigasi PBB terbaru mengungkapkan bahwa antara 20.000 hingga 30.000 anggota ISIS masih berada di Irak dan Suriah meskipun kelompok teroris tersebut telah mengalami kekalahan telak di medan perang.

Laporan tersebut juga mengungkapkan bahwa antara 3.000 dan 4.000 anggota ISIS saat ini berbasis di Libya, sementara beberapa tokoh kunci dalam kelompok tersebut pindah ke Afghanistan.

“Total keanggotaan ISIS di Irak dan Suriah saat ini adalah antara 20.000 hingga 30.000 orang, kurang-lebih sama-sama terdistribusi di kedua negara. Di antara mereka merupakan tokoh penting dan ribuan dari mereka merupakan anggota yang masih aktif untuk berperang,” bunyi laporan tersebut, seperti dilansir dari Al Jazeera, Rabu, (15/8/2018).

Tim investigasi PBB menyerahkan laporan independen setiap enam bulan kepada Dewan Keamanan PBB tentang ISIS dan Al-Qaeda.

Menurut laporan tersebut, anggota ISIS banyak pindah ke Afghanistan karena tidak ada arena lain yang muncul sebagai tujuan favorit bagi militan melainkan di Afghanistan. “Ada sekitar 3.500 hingga 4.500 militan di Afghanistan dan jumlah tersebut terus meningkat,” ungkap laporan tersebut.

Laporan tersebut juga mengungkapkan bahwa anggota ISIS di Yaman hanya berkisar 250 hingga 500 orang. Sementara itu, 6.000 hingga 7.000 militan merupakan anggota Al-Qaeda. Di Afrika, ISIS sebagian besar aktif di perbatasan antara Mali dan Niger. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera | Redaktur : Hermanto Deli

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here