Ini Pernyataan Kanada yang Membuat Marah Kerajaan Arab Saudi

154

Lensaislam.com : Kerajaan Arab Saudi mengusir duta besar Kanada dan membekukan semua kesepakatan perdagangan dengan negara tersebut. Keputusan itu diambil setelah Kanada mengkritik penangkapan aktivis HAM baru-baru ini di Arab Saudi.

Kementerian Luar Negeri Arab Saudi menyatakan Duta Besar Kanada berstatus persona non-grata dan diberi waktu tenggang 24 jam untuk meninggalkan Kerajaan. Arab Saudi juga telah memanggil pulang Duta Besarnya yang bertugas di Kanada. Lantas apa yang membuat marah Arab Saudi terhadap Kanada?

Kanada telah membuat pernyataan mengejutkan terhadap kebijakan Arab Saudi. Pemerintah Kanada secara terbuka mengkritik Arab Saudi yang menangkap dua aktivis perempuan pejuang Hak Asasi Manusia di Arab Saudi.

“Kanada sangat prihatin dengan penangkapan tambahan terhadap masyarakat sipil dan aktivis hak-hak perempuan di Arab Saudi, termasuk Samar Badawi. Kami mendesak otoritas Saudi untuk segera membebaskan mereka dan semua aktivis HAM lainnya,” bunyi pernyataan Kanada seperti dilansir dari The Huffington Post, Senin, (6/8/2018).

Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland mengatakan bahwa dia sangat khawatir mendengar penangkapan Samar Badawi. Samar Badawi adalah pemenang penghargaan International Women of Courage di Washington State pada tanggal 8 Maret 2012.

“Kanada berdiri bersama dengan keluarga Badawi di masa sulit ini, dan kami dengan tegas menyerukan pembebasan Raif dan Samar Badawi,” tulis Menlu Kanada di akun Twitternya.

Kementerian Luar Negeri Arab Saudi menyatakan kemarahan atas pernyataan Kanada yang turut campur dalam urusan domestik Arab Saudi. “Membuat pernyataan segera di media oleh Kanada sangat disayangkan, tercela, dan tidak dapat diterima dalam hubungan antar Negara,” kata Kementerian Luar Negeri Arab Saudi.

Arab Saudi menegaskan bahwa pernyataan Kanada adalah pelanggaran terhadap norma-norma dan hukum internasional. Pernyataan Kanada adalah penghinaan besar yang tidak dapat diterima oleh Arab Saudi dan membutuhkan sikap yang tegas terhadapnya untuk mencegah pihak manapun yang ingin mencoba mencampuri kedaulatan Arab Saudi.

“Arab Saudi menyatakan penolakan mutlak terhadap sikap politik Kanada mengenai masalah ini. Kanada dan semua negara lain harus tahu bahwa mereka tidak dapat mengklaim lebih peduli terhadap warga Saudi daripada Kerajaan atas warganya sendiri,” tegas pernyataan Arab Saudi. (DH/MTD)

Sumber : The Huffington PostSaudi Press Agency | Redaktur : Hermanto Deli

comments

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here