Ini Daftar Negara Terjangkit Virus Corona Versi Arab Saudi, Termasuk Indonesia

979

Lensaislam.com : Arab Saudi telah memberlakukan larangan sementara waktu bagi pengunjung dari negara-negara yang terjangkit virus corona untuk memasuki Kerajaan, baik yang menggunakan visa turis maupun bagi umat Islam yang mau melaksanakan ibadah umrah. Larangan itu diberlakukan sejak Kamis, (27/2/2020).

“Kementerian Kesehatan Arab Saudi dengan cermat mengikuti perkembangan terbaru dan penyebaran wabah virus corona (Covid-19). Kementerian mendukung upaya badan-badan terkait untuk menerapkan standar internasional yang berlaku, terutama Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk menghentikan virus agar tidak menyebar, memblokir dan menghilangkannya, insya Allah,” ungkap Kementerian Luar Negeri Saudi dalam pernyataannya.

Pemerintah Arab Saudi telah memutuskan untuk mengambil langkah-langkah pencegahan sebagai berikut:

1- Menangguhkan sementara waktu untuk masuk ke Arab Saudi untuk tujuan Umrah dan mengunjungi Masjid Nabawi.

2- Menunda masuk ke Arab Saudi menggunakan visa turis bagi mereka yang datang dari negara-negara tempat penyebaran virus corona (Covid-19) sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan oleh Kementerian Kesehatan Arab Saudi.

3- Menangguhkan sementara penggunaan kartu identitas nasional Arab Saudi untuk melakukan perjalanan ke dan dari Arab Saudi ke negara-negara Dewan Kerjasama Teluk dan meminta warga untuk tidak melakukan perjalanan ke negara-negara di mana virus Corona baru (Covid-19) menyebar.

Berikut ini daftar lengkap negara yang terjangkit virus Corona menurut Arab Saudi, seperti dilansir dari Al Arabiya, Jumat, (28/2/2020) :

  1. Afganistan
  2. Azerbaijan
  3. Cina
  4. Hongkong
  5. Indonesia
  6. Iran
  7. Italia
  8. Jepang
  9. Kazakhstan
  10. Macua
  11. Malaysia
  12. Pakistan
  13. Filipina
  14. Singapura
  15. Somalia
  16. Korea Selatan
  17. Syria
  18. Taiwan
  19. Thailand
  20. Uzbekistan
  21. Vietnam
  22. Yaman

Sementara itu dilansir dari Detikcom, masuknya Indonesia ke daftar negara-negara yang terjangkit virus corona ini dipertanyakan oleh Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi. Soalnya, pemerintah selama ini menyampaikan tidak ada kasus virus Corona di Indonesia.

“Itu yang saya sampaikan kepada Duta Besar Saudi tadi dan dubes yang ada di Riyadh sudah mengirim surat juga. Di dalam butir dua ada beberapa negara, 23 negara, salah satunya Indonesia, karena kenapa Indonesia? Karena Indonesia itu kan belum,” kata Retno di Kompleks Istana Kepresidenan.

Surat berisi daftar negara-negara yang terjangkit virus corona versi Saudi itu disampaikan oleh Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Essam bin Abed al-Thaqafi kepada Menlu Retno di Jakarta. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya, Detikcom | Redaktur : Hermanto Deli

comments

INFO DONASI : Kami memahami banyaknya masukan, kritikan dan saran terkait iklan Google Adsense di website Lensaislam.com, karena itu Kami memutuskan untuk menutup iklan tersebut. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa Lensaislam.com juga membutuhkan biaya operasional. Oleh karena itu, kami mengajak Pembaca setia untuk berdonasi melalui : Bank Syariah Mandiri No. Rek : 7 8888 1919 8 an. Asosiasi Radio dan Televisi Islam Indonesia Kode Bank (451), Konfirmasi Transfer melalui WA/SMS ke : 0822 2882 1515 dengan format : Lensaislam#Nama#Alamat#JMLTransfer. Dukungan dan donasi dari para Pembaca sekalian, sangat berarti bagi keberlangsungan kami. Jazakumullahu khairan katsiron.

LEAVE A REPLY