Indonesia Kutuk Serangkaian Aksi Provokatif Terhadap Muslim di Luar Negeri

132

Lensaislam.com : Pemerintah Indonesia mengutuk keras serangkaian aksi yang menyerang simbol-simbol Islam yang terjadi setidaknya di tiga negara baru-baru ini. Yaitu pelecehan terhadap Kitab Suci Al-Quran di Swedia dan Norwegia, juga pembuatan kartun yang menghina Nabi Muhammad oleh Majalah Charlie Hebdo di Prancis.

“Ini adalah aksi yang tidak bertanggungjawab dan provokatif serta telah menyinggung perasaan ratusan juta umat Islam di dunia,” ungkap Menteri Luar Negeri, Retno LP Marsudi, seperti dilansir dari The Jakarta Post, Jumat, (4/9/2020).

“Hal tersebut bertentangan dengan prinsip dan nilai demokrasi dan bisa berpontesi memecah belah persatuan kelompok beragama, yang mana saat ini dunia butuh bersatu untuk menghadapi wabah Covid-19,” tambah Menlu Retno.

Pada hari Jumat, (31/8/2020), salinan Kitab Suci Al-Quran dibakar oleh ekstrimis sayap kanan di Kota Malmo, Swedia. Sehari kemudian, seorang pengunjuk rasa merobek halaman-halaman Al-Quran dan meludahinya pada saat akti protes anti-Islam yang dilakukan oleh kelompok sayap kanan Stop the Islamization of Norway (SION) di Oslo, Norwegia.

Sementara itu, Majalah Charlie Hebdo kembali menerbitkan karikatur yang menghina Nabi Muhammad di Prancis. Negara-negara Muslim mengutuk keras dan mengecam insiden tersebut yang menunjukkan bahwa Islamophobia masih berlangsung di negara-negara Barat. (LBS/MTD)

Sumber : Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY