Houthi Meluncurkan Serangan Rudal Terhadap Kapal Kargo Turki di Lepas Pantai Yaman

64

Lensaislam.com : Milisi Syi’ah Houthi meluncurkan serangan rudal terhadap kapal kargo Turki yang membawa bahan makanan gandum ke pelabuhan Yaman. Laporan tersebut telah dikonfirmasi oleh Kementerian Luar Negeri Turki seperti dilansir dari media Turki yang berbasis di Istanbul, Daily Sabah.

“Milisi Houthi telah meluncurkan serangan terhadap sebuah kapal kargo Turki 70 mil di lepas pantai Yaman yang sedang membawa 50.000 metrik ton gandum ke pelabuhan Saleef Yaman di dekat Hudaydah,” bunyi laporan tersebut, seperti dikutip Daily Sabah, Sabtu, (26/5/2018).

Kementerian Luar Negeri Turki mengatakan tidak kerusakan dalam serangan tersebut. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Turki Hami Aksoy mengatakan serangan itu diluncurkan mendekati tengah malam.

Kapal itu telah berangkat dari pelabuhan Laut Hitam Rusia Novorossiysk.

“Kapal kargo Turki dengan awak Turki yang terdiri dari 23 orang diserang, dan untungnya tidak ada korban,” ungkap Hami Aksoy.

“Investigasi atas insiden ini sedang berlangsung dan akan diungkapkan kepada publik setelah selesai,” tambahnya.

Pemerintah Turki dan lembaga bantuan telah mengirim bantuan makanan, medis, dan bentuk bantuan kemanusiaan lainnya ke Yaman yang dilanda perang sejak awal perang sipil terjadi. Yaman dilanda perang dimulai ketika Houthi melakukan kudeta terhadap pemerintahan Sah Yaman Abdurabbo Mansour Hadi di ibukota Sanaa, pada tahun 2014.

Setahun kemudian, pasukan koalisi Arab yang dipimpin Arab Saudi meluncurkan operasi militer di Yaman untuk merebut kembali legitimasi Yaman dari kudeta Houthi atas permintaan Presiden Yaman Abdurrabo Mansour Hadi. (DH/MTD)

Sumber : Daily Sabah | Redaktur : Hermanto Deli

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here