Hilal Terlihat, Arab Saudi Rayakan Idul Fitri pada Hari Selasa, 4 Juni 2019

19277

Lensaislam.com : Mahkamah Agung Kerajaan Arab Saudi telah mengumumkan bahwa Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H bertepatan dengan hari Selasa, 4 Juni 2019. Keputusan itu ditetapkan berdasarkan penampakan hilal (rukyatul hilal) di beberapa wilayah di Arab Saudi.

“Dalam Surat Keputusan No. 121/H tanggal 29/9/1440 H, Mahkamah Agung mengadakan sidang pada Senin malam untuk mengesahkan penampakan hilal 1 Syawal 1440 H di beberapa wilayah Arab Saudi dan memutuskan bahwa hari Selasa, 4 Juni 2019 bertepatan dengan hari raya Idul Fitri 1440 H,” demikian pernyataan Mahkamah Agung Kerajaan Arab Saudi, seperti dilansir dari Harian Sabq.

Dengan demikian, Kerajaan Arab Saudi merayakan Idul Fitri 1440 H pada Selasa besok berbeda 1 hari dengan Indonesia yang menetapkan hari raya Idul Fitri jatuh pada hari Rabu, 5 Juni 2019.

Senin sore, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama telah melakukan Sidang Isbat penetapan 1 Syawal 1440 H. Berdasarkan keputusan sidang isbat, hilal belum terlihat di wilayah Indonesia sehingga bulan Ramadhan digenapkan menjadi 30 hari dan hal ini telah sesuai dengan perintah Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

Perbedaan penetapan 1 Syawal antara pemerintah Indonesia dan Arab Saudi akan sangat mungkin terjadi karena adanya perbedaan waktu 4 jam antara Indonesia dengan Kerajaan Arab Saudi. Sehingga dalam rentang waktu 4 jam tersebut, kemungkinan hilal terlihat di wilayah Arab Saudi akan sangat mungkin terlihat (rukyatul hilal). (DH/MTD)

Sumber : Harian Sabq | Redaktur : Hermanto Deli

comments

INFO DONASI : Kami memahami banyaknya masukan, kritikan dan saran terkait iklan Google Adsense di website Lensaislam.com, karena itu Kami memutuskan untuk menutup iklan tersebut. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa Lensaislam.com juga membutuhkan biaya operasional. Oleh karena itu, kami mengajak Pembaca setia untuk berdonasi melalui : Bank Syariah Mandiri No. Rek : 7 8888 1919 8 an. Asosiasi Radio dan Televisi Islam Indonesia Kode Bank (451), Konfirmasi Transfer melalui WA/SMS ke : 0822 2882 1515 dengan format : Lensaislam#Nama#Alamat#JMLTransfer. Dukungan dan donasi dari para Pembaca sekalian, sangat berarti bagi keberlangsungan kami. Jazakumullahu khairan katsiron.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY