Hassan Rouhani Sebut Sanksi AS Terhadap Iran Sebagai Aksi Terorisme

141

Lensaislam.com : Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan bahwa sanksi ekonomi dan embargo yang dijatuhkan oleh Amerika Serikat kepada Iran sebagai “aksi terorisme”. Rouhani memperingatkan jika sanksi tersebut terus dilakukan akan mempengaruhi ekonomi dunia.

“Sanksi AS terhadap negara Iran adalah tindakan terorisme dan perang ekonomi sepenuhnya. Kelanjutan perang ekonomi ini dapat menyebabkan ancaman lain di kawasan dan dunia,” kata Rouhani, seperti dilansir dari Sputniknews, Ahad, (7/7/2019).

Hassan Rouhani menambahkan bahwa jika tekanan ekonomi dari Amerika Serikat terus bertahan, itu akan memiliki konsekuensi untuk wilayah ini (Timur Tengah) dan seluruh dunia.

Pada akhir Mei 2018 lalu, Presiden AS Donald Trump mengumumkan menerapkan kembali sanksi ekonomi terhadap Iran, yang dicabut berdasarkan perjanjian nuklir. AS menuding Iran telah melanggar kesepakatan nuklir JCPOA.

Awal pekan ini, Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif membenarkan bahwa Iran telah melampaui batas persediaan uranium yang diperkaya 300 kilogram (660 pon), yang sebelumnya disetujui berdasarkan perjanjian nuklir.

Iran juga telah memperingatkan bahwa negaranya akan mulai memperkaya uranium di atas ambang 3,67 persen yang disepakati oleh JCPOA jika sanksi AS tidak dicabut. (DH/MTD)

Sumber : Sputniknews | Redaktur : Hermanto Deli

Berikan Tanggapan Anda

comments

LEAVE A REPLY