Dari Masjid untuk Indonesia

167

Lensa Islam : Tantangan yang dihadapi generasi muda Islam semakin kompleks, terutama pesatnya perkembangan teknologi informasi multimedia. Tantangan ini bisa menjadi ancaman dan peluang bagi generasi muda Islam.

Untuk itu, generasi muda perlu mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan zaman tersebut. Diantaranya dengan mengembangkan potensi dan semangat muda dalam sebuah komunitas Pemuda dan Remaja Masjid. Remaja masjid merupakan salah satu komponen penting dalam pembinaan dan pemberdayaan generasi muda Islam.

Untuk menguatkan peran Pemuda dan Remaja masjid tersebut, Jaringan Pemuda dan Remaja Masjid (JPRMI) kembali mengadakan kegiatan Youth Leadership Camp (YLC) JPRMI bertama “Dari Masjid Untuk Insonesia” yang akan dilaksanakan pada Sabtu – Ahad, 23-24 November 2019 di Camp Inagro, Bogor, Jawa Barat.

Ketua Umum PP JPRMI, Yosse Hayatullah, YLC merupakan agenda tetap dan program wajib nasional JPRMI. YLC dilakukan berjenjang di setiap provinsi, kota dan kabupaten, sebagai sarana rekruitmen dan pengkaderan bagi aktivis remaja masjid untuk menjadi pengurus dan angota JPRMI.

“Melalui kegiatan YLC, peserta akan semangat untuk memakmurkan masjid, sehingga masjid menjadi semarak dan bermanfaat sebagai pusat solusi untuk negeri. Pengurus Pusat Jaringan Pemuda dan Remaja,” jelasnya.

Ketua JPRMI DKI Henda Yusamtha mengatakan, program ini ditujukan bagi para aktivis organisasi pemuda dan remaja masjid di wilayah Jabodetabek. Tujuan acara ini adalah untuk menumbuhkan dan menguatkan semangat dakwah Remaja Masjid.

Henda menambahkan, kegiatan YLC ini juga mengajak para pengurus remaja masjid agar selalu memiliki motivasi untuk terus lebih berinovasi dan kreatif dalam membuat kegiatannya, dan juga menguatkan jiwa kepemimpinan dan wawasan kebangsaan.

Menurut Ketua Panitia YLC, Mukhlis, Peserta YLC yang sudah terdaftar ada 100 orang yang merupakan perwakilan dari berbagai organisasi remaja masjid di Jakarta, berusia 16 sampai 25 tahun.
Dalam Kegiatan YLC ini, kata Mukhlis lagi, peserta akan mendapatkan program pengembangan ketrampilan kepemimpinan dalam bentuk Camp berdurasi 2 hari 1 malam,

Antara lain: Penguatan strategi dan konsep dakwah Remaja Masjid, wawasan kabangsaan untuk menumbuhkan rasa cinta bangsa dan tanah air. Selain itu juga penguatan nilai-nilai moral, akhlak dan motivasi dakwah, diskusi dan sharing dakwah remaja masjid dan terakhir outbond dan Fun Games.

comments

LEAVE A REPLY