CNN Pecat Kontributornya Karena Serukan Kemerdekaan Palestina

53

Lensaislam.com : Kantor berita ternama asal Amerika Serikat, Cable News Network (CNN) memecat salah seorang kontributornya karena menyerukan kemerdekaan Palestina. Marc Lamont Hill membuat pernyataan mengejutkan saat memberikan pidato di PBB dalam acara Hari Solidaritas Internasional PBB untuk Rakyat Palestina.

“Hill tidak lagi terikat kontrak dengan CNN. Jaringan tidak memberikan alasan, tetapi langkah ini diambil ditengah-tengah keberatan terhadap pidato Hill di PBB,” ungkap seorang juru bicara CNN, seperti dilansir dari Al Arabiya, Sabtu, (1/12/2018).

Hill menyerukan kepada dunia internasional untuk memboikot dan melepaskan diri dari Israel.

“Kami memiliki kesempatan untuk tidak hanya menawarkan solidaritas dalam kata-kata tetapi untuk berkomitmen pada tindakan politik, aksi akar rumput, aksi lokal dan tindakan internasional yang akan memberi kita apa yang dibutuhkan keadilan dan itu adalah Kemerdekaan Palestina dari sungai ke laut,” kata Hill dalam pidatonya.

Pasca pemecatannya dari CNN, Hill kemudian mengirim serangkaian tweet menanggapi pemecatannya dan membela pidatonya.

“Referensi saya untuk kemerdekaan Palestina dari ‘sungai ke laut’ bukanlah panggilan untuk menghancurkan apa pun atau siapa pun. Itu adalah seruan untuk keadilan, baik di Israel dan di Tepi Barat / Gaza. Pidato saya sangat jelas dan spesifik mengatakan hal-hal itu,” kata Hill di Twitter.

“Saya mendukung kemerdekaan Palestina. Saya mendukung penentuan nasib sendiri Palestina. Saya sangat kritis terhadap kebijakan dan praktik Israel. Namun saya tidak mendukung anti-Semitisme, membunuh orang Yahudi, atau hal-hal lain yang dikaitkan dengan pidato saya. Saya telah menghabiskan hidup saya untuk melawan hal-hal ini,” ungkap Hill. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here