Boeing Tidak Akan Menjual Pesawat Lagi ke Iran

40

Lensaislam.com : Boeing menyatakan bahwa perusahaannya tidak akan menjual pesawat lagi ke Iran karena AS memberlakukan sanksi kembali kepada Iran. Boeing menambahkan bahwa sanksi AS tersebut secara otomatis membatalkan kontrak kerjasama dengan Iran.

“Kami tidak lagi mengirimkan pesawat ke Iran. Kami tidak lagi memiliki izin dan lisensi untuk menjual kepada Iran pada saat ini, kami tidak akan mengirimkan pesawat lagi,” ungkap juru bicara Boeing, seperti dilansir dari Al Arabiya, Kamis, (7/6/2018).

“Kami tidak lagi memasukkan Iran ke dalam daftar pesanan kami,” tambah Boeing.

Pengumuman ini menyusul keputusan Presiden AS Donald Trump yang menarik diri dari kesepakatan nuklir 2015 (JCPOA) pada bulan lalu dan memberlakukan kembali sanksi ekonomi terhadap Iran.

Boeing sebelumnya mengatakan akan menghormati kebijakan AS tentang Iran. Boeing dan Airbus termasuk di antara perusahaan-perusahaan yang menerima lisensi US Treasury untuk melakukan bisnis di Iran di bawah pengawasan ketat ketika sanksi AS dicabut.

Boeing pada bulan Desember 2016 menjual 80 pesawat senilai $ 16,6 miliar ke Iran Air. Pada April 2017, Boieng menjual pesawat kepada Aseman Iran Airlines sebanyak 30 pesawat Boeing 737MAX seharga $ 3 miliar. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here