Begini Sikap Yayasan Assunnah Cirebon Soal Pancasila dan NKRI

98

Lensa Islam : Saat ini banyak pihak yang ingin membenturkan ajaran pemahaman Islam dengan konsep setia kepada negara dan ideologi Pancasila. Salah satunya adalah mempertanyakan apakah di pesantren pesantren juga diajarkan materi Pancasila dan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Adalah Yayasan Assunnah Cirebon yang kerap mendapat tudingan miring bahwa lembaga pendidikan dari tingkat TK, Aliyah sampai pondok pesantren itu dipertanyakan sikapnya terhadap NKRI dan kesetiaan kepada Pancasila.

Untuk itu pimpinan Yayasan Assunnah, ustadz Said Riyana S.P.di langsung menjawab keraguan dan tudingan yang ada dengan mengatakan kalau Assunah Cirebon tidak usah diragukan lagi komitmennya terhadap negara tercinta kita dan ikrar setia dibawah ideologi Pancasila.

“Yayasan Assunnah Cirebon juga mendakwahkan untuk mentaati Pemerintah RI dalam hal yang makruf dan menyerukan untuk tidak melawan/berdemonstrasi/memberontak kepada pemerintah. Jika diperlukan nasihat kepada pemerintah, harus dilakukan dengan cara yang baik dan santun secara langsung dengan mendatanginya, dan mendakwahkan kepada umat untuk mendoakan pemerintah dengan doa-doa kebaikan untuk mereka,” tutur Ustadz Riyana S.Pdi

Para santri santri di lembag sAssunnah Cirebon juga diajarkan tentang bela negara, pendidikan kewarganegaraan sampai dengan pelaksanaan upacara bendera merah putih rutin setiap hari Senin.

“Dalam hal kegiatan kami semuanya diketahui dan diberi izin oleh lembaga pemerintah yang Syah dan terkait. Bahkan dari pihak kepolisian sekalipun,” ujarnya pada Senin (7/10)

Bidang pendidikan dan pengajaran yang ada di Yayasan Assunnah Cirebon juga berafiliasi dengan Kementerian Agama (Kemenag) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kerja sama dengan pihak kepolisian dan TNI dalam rangka pengkondisian lingkungan untuk mengantisipasi bahaya radikalisme pun sudah berjalan dengan baik.

“Misalnya sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya radikalisme melalui jaringan radio yang kami miliki dan melalui majlis-majlis taklim yang kami bina selama ini,” pungkasnya.

Berikan Tanggapan Anda

comments

LEAVE A REPLY