Bantuan Minim, Belasan Ribu Korban Masih Terjebak Banjir di Cilacap

970

Lensaislam.com : Cilacap -Masa Pandemi bagi sebagian besar masyarakat di Cilacap Barat semakin berat dengan adanya banjir melanda perkampungan mereka hampir satu pekan sejak hari Senin, tanggal 17 November hingga berita ini ditulis, hari Ahad, tanggal 22 November 2020.

Banjir diakibatkan curah hujan yang tinggi dan luapan air sungai menggenangi 14 kecamatan di Cilacap Barat, diantaranya Sidareja, Kedung reja, Kawunganten, Bantarsari,Gandrung, Wanareja, Cimanggu, dan beberapa kecamatan lainnya.

Menurut Bapak Tasino, Danramil Kedungreja, banjir ini diakibatkan juga karena tanggul-tanggul di beberapa kali disalahgunakan oleh masyarakat.

Kondisi masyarakat begitu memprihatinkan, banjir 7 hari ini mengakibatkan mereka terus membutuhkan bantuan, makanan dan obat-obatan dikarenakan sebagian dari mereka mulai terserang penyakit gatal, diare dan penyakit sanitasi lainnya, demikian Abu Yunus, Ketua Markaz Bersama Assunnah, sebagai salah satu posko penanganan banjir di Sidareja menginformasikan. Sementara kondisi air saat ini masih ada yang setinggi paha dan minimal setinggi lutut orang dewasa tambah Abu Yunus menerangkan.

Abah Joni sebagai salah satu Relawan di Markaz Bersama Assunnah menyampaikan bahwa lembaga-lembaga sosial yang turun sudah ada, namun belum begitu banyak seperti tempat-tempat bencana lain sebelumnya. Bantuan makanan, pakaian baru layak pakai,obat-obatan, sabun dan detergen untuk membersihkan lantai, makanan siap saji masih sangat diperlukan, termasuk alat transportasi perahu, karena tergenangnya lahan sawah,kebun dan sekeliling perumahan penduduk membuat transportasi jadi terkendala.

Belasan ribu korban banjir terdampak dan sangat memprihatinkan, musibah banjir yang terjadi di Cilacap Barat ini selama sepekan ini seharusnya menjadi peluang dan berlombanya orang baik dikalangan kaum Muslimin dan Mukminin untuk membantu walau dalam masa pandemi, demikian pungkas Abah Joni. KD

Artvisi Peduli, Adalah Tim otonom dibawah Artvisi ( Asosasi Radio dan Televisi Islam Indonesia ) yang turut bergabung di Markaz Bersama Assunnah dan Abah Joni adalah salah satu relawan yang tergabung didalamnya. Bagi Muslimin yang terketuk membantu banjir Cilacap, boleh disalurkan lewat Bank Syariah Mandiri No. Rek : 7 8888 1919 8 atas nama Asosiasi Radio dan Televisi Islam Indonesia, Kode Bank (451), konfirmasi transfer melalui WA/SMS ke : 0822 2882 1515. (KD)

comments

LEAVE A REPLY