Arab Saudi Sumbang $113 Juta Dolar Untuk 5 Negara Afrika

89

Lensaislam.com : Menteri Negara Arab Saudi untuk Urusan Afrika, Sheikh Ahmed bin Abdulaziz Qattan mengumumkan bahwa kerajaan telah menjanjikan lebih dari $ 113 juta dolar bantuan untuk lima negara Afrika. Kelima negara itu adalah Mauritania, Burkina Faso, Chad, Mali dan Niger.

“Raja Salman Bin Abdulaziz telah memerintahkan pengiriman bantuan sebesar 113 juta dolar untuk mendukung lima negara Afrika. Setengah dari jumlah itu untuk mendanai program pembangunan untuk mendukung stabilitas negara-negara ini dalam mengekang ekstremisme,” ungkap Sheikh Qattan di sela-sela Konferensi Donor di Mauritania, seperti dilansir dari Al Arabiya, Ahad, (9/12/2018).

Kelima negara Sahel telah berjuang melawan ekstremisme dan pelanggaran hukum sejak pemberontakan ekstremis yang dimulai dengan pemberontakan separatis Tuareg di Mali utara pada tahun 2012. Total sumbangan dalam konferensi itu mencapai $ 2,7 miliar dolar.

Presiden Niger Mahamadou Issoufou mengatakan bahwa sumbangan ini mencakup keseluruhan kebutuhan pada 40 proyek pembangunan untuk memerangi ekstremisme di kawasan itu dan pembangunan di wilayah perbatasan.

“Kami berharap dengan berbagai proyek, termasuk membangun sekolah dan pusat kesehatan dan meningkatkan akses ke air, mereka dapat mencegah masyarakat jatuh di bawah pengaruh ekstrimis,” ungkap Issoufou.

Ekstremisme di wilayah itu telah dipicu oleh kekacauan yang melanda Libya pada 2011, Revolusi Islam Mali utara pada 2012 dan munculnya Boko Haram di Nigeria utara. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1440 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here