Arab Saudi Sukses Meluncurkan Satelit Sat 5A dan Sat 5B

41

Lensaislam.com : King Abdulaziz City for Science and Technology (KACST) yang bermarkas di kota Riyadh mengumumkan keberhasilan peluncuran Satelit Saudi Sat 5A dan Sat 5 B ke orbit pada Jumat, 7 Desember 2018 pukul 12:12 waktu Beijing dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di Republik Rakyat China.

Pangeran Turki bin Saud bin Mohammed, Presiden KACST menyampaikan ucapan selamatnya kepada Khadimul Haramain Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud dan Putra Mahkota Pangeran Muhammad Bin Salman atas peluncuran satelit tersebut.

Pangeran Turki mengatakan bahwa keberhasilan ini merupakan upaya Raja Salman dan Putra Mahkota untuk mewujudkan visi Arab Saudi 2030.

“Pencapaian ini datang sebagai hasil dari upaya yang dilakukan oleh KACST selama bertahun-tahun dalam transfer dan pengembangan banyak teknologi canggih, termasuk teknologi satelit dan pembangunan kader nasional yang mampu menangani teknologi ini dan pembangunan infrastruktur canggih, yang memungkinkan Riyadh untuk mengembangkan dan memproduksi satelit Saudi Sat 5A dan Saudi Sat 5B di pabrik-pabrik nasionalnya,” bunyi pernyataan KACST, seperti dilansir dari Al Arabiya, Jumat, (7/12/2018).

Dua satelit Saudi Sat 5A dan Saudi Sat 5B akan digunakan oleh badan pemerintah dengan citra satelit resolusi tinggi yang serupa dengan yang di negara-negara maju untuk digunakan dalam berbagai bidang pembangunan. Kedua satelit akan dikelola dan dioperasikan dari stasiun kontrol lanjutan yang terletak di markas besar KACST di Kota Riyadh.

King Abdulaziz City for Science and Technology (KACST) telah meluncurkan 13 satelit Saudi antara tahun 2000 dan 2017. KACST juga berpartisipasi dalam pelaksanaan penelitian ilmiah di luar angkasa bekerjasama dengan badan antariksa AS (NASA) dan Universitas Stanford di papan satelit Saudi Sat 4 pada tahun 2014. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1440 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here