Arab Saudi Perintahkan Eksekusi Mati 5 Orang Pelaku Pembunuhan Khashoggi

192

Lensaislam.com : Jaksa Penuntut Umum Arab Saudi memerintahkan eksekusi mati lima orang pelaku pembunuhan wartawan Jamal Khashoggi. Jamal Khashoggi telah dibunuh di Konsulat Saudi di Istanbul, Turki pada 29 September 2018 dalam sebuah insiden yang mengerikan yang menjadi perhatian serius dunia internasional.

“21 orang sedang diselidiki, 11 telah didakwa melakukan pembunuhan, 5 orang terdakwa merupakan eksekutor yang membunuh Khashoggi. Namun menurut sistem prosedur kriminal Arab Saudi melarang pengungkapan nama-nama para terdakwa,” kata pernyataan Jaksa Saudi, seperti dilansir dari Al Arabiya, Kamis, (15/11/2018).

“Pembunuhan berencana terjadi pada 29 September dan seseorang telah menonaktifkan kamera CCTV di konsulat sebelum melakukan pembunuhan,” ungkap pernyataan tersebut.

Dikutip dari Al Jazeera, Jaksa Agung Arab Saudi Saud Al-Mojeb menyatakan bahwa Putra Mahkota MBS tidak terlibat dalam kasus pembunuhan tersebut sebagaimana yang banyak dituduhkan oleh media-media internasional.

Juru bicara kejaksaan menambahkan bahwa Arab Saudi telah meminta Turki untuk memberikan bukti dan rekaman suara yang berkaitan dengan kasus pembunuhan tersebut. Namun Kerajaan hingga saat ini masih menunggu Turki untuk memenuhi permintaan tersebut.

Kejaksaan menambahkan bahwa mantan penasehat Saudi juga terlibat dalam perencanaan pembunuhan. Mantan penasihat tersebut dilarang bepergian dan saat ini sedang dalam penyelidikan.

Kejaksaan menyatakan bahwa para terdakwa telah memberikan laporan yang tidak benar kepada mantan wakil kepala intelijen, dan membantah membunuh Khashoggi pada awalnya. “Penyelidikan berhasil mengungkap kasus pembunuhan tersebut,” tambah Kejaksaan. (DH/MTD)

Sumber : Al ArabiyaAl Jazeera| Redaktur : Hermanto Deli

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here