Arab Saudi Bantu Selamatkan Kapal Tanker Minyak Iran yang Mengalami Kerusakan di Laut Merah

183

Lensaislam.com : Meski tak akur, Arab Saudi tetap datang membantu menyelamatkan sebuah kapal tanker minyak Iran yang mengalami kerusakan mesin dan hilang kendali di Laut Merah. Pemerintah Arab Saudi mengatakan bahwa bantuan diberikan setelah pihak berwenang menerima panggilan darurat dari kapal Iran di lepas pantai Jeddah.

“Kapal itu membawa lebih dari 1 juta barel bahan bakar minyak dan mengalami kebocoran. Kapal itu memiliki 26 awak, termasuk 24 warga Iran dan dua warga Bangladesh. Posisi kapal berada di 70 kilometer (44 mil) selatan Jeddah di Laut Merah,” bunyi pernyataan pihak berwenang Saudi, seperti dilansir dari Arabnews, Kamis, (2/5/2019)l

Pihak berwenang Saudi mengatakan berbagai lembaga pemerintah turut membantu insiden tersebut, termasuk lembaga yang menangani perlindungan lingkungan karena kemungkinan ada minyak tumpah dari kapal tanker tersebut.

“Kami tidak dapat menyimpulkan apa yang menyebabkan kebocoran itu, tetapi mengingat betapa insiden itu terjadi secara tiba-tiba, sepertinya ada sesuatu yang mengejutkan mereka, kami melihat kapal melambat atau berubah arah untuk menghindari tabrakan dengan kapal lain,” menurut analis situs web TankerTrackers.com

Arab Saudi dan Iran adalah dua saingan utama di Timur Tengah. Iran sekarang sedang menghadapi tekanan yang meningkat dari AS atas penjualan minyaknya setelah Presiden AS Donald Trump kembali memberlakukan sanksi ekonomi dan embargo terhadap Iran. Sementara itu, Iran telah memperingatkan akan menanggapi secara agresif setiap upaya AS untuk menghentikan ekspor minyak Iran secara global. (DH/MTD)

Sumber : Arabnews | Redaktur : Hermanto Deli

Berikan Tanggapan Anda

comments

LEAVE A REPLY