Aplikasi Ruang Belajar Diluncurkan oleh Kemendikbud RI

653

Lensa Islam : Akhir-akhir ini dunia pendidikan menawarkan beberapa kemudahan didalam belajar, mengikuti perkembangan era digitalisasi saat ini.

RuangGuru.com menjadi salah satu Pioneer yang menggarap aplikasi atau portal yang konsen didalam layanan pendidikan dan tutorial. Dengan pola berbayarnya ruangguru.com mampu merubah gaya belajar para pelajar.

Seolah tak mau ketinggalan dengan ruangguru.com, kementrian pendidikan dan kebudayaan Republik indonesia meluncurkan sebuah web portal dengan nama Rumah Belajar.

Dilansir dari website ruangbelajar/kemebdikbud.go.id, bahwa Ruang Belajar merupakan hasil pengembangan portal sebelumnya yang telah diluncurkan kemendikbud pada Juli 2011.

Ruang Belajar berisi konten bahan belajar yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik dan peserta didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sebagai sumber media pembelajaran.

Dengan jargon: Belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja, Rumah Belajar sangat mudah diakses.

Ruang Belajar memiliki Fitur-fitur : Sumber Belajar, Buku Sekolah Elektronik, Bank Soal, Laboratorium Maya, Peta Budaya, Wahana Jelajah Angkasa, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, dan Kelas Maya.

Sedangkan pada menu Fitur Pendukung terdapat tiga kelompok konten, yaitu Karya Guru, Karya Komunitas, serta Karya Bahasa dan Sastra. Ada pula materi pembelajaran yang terhimpun dalam Fitur Pendukung

Selain itu, Rumah Belajar juga memberikan layanan ketersediaan sumber media pembelajaran dalam bentuk bahan belajar interaktif yang dilengkapi dengan media pendukung gambar, animasi, video dan simulasi, serta dalam bentuk buku digital.

Konten-konten yang ada pada Rumah Belajar tersebut disediakan untuk berbagai tujuan, agar pendidik dan peserta didik dapat melaksanakan pembelajaran secara komprehensif. Misalnya fitur Peta Budaya, disiapkan untuk menyediakan berbagai macam materi pembelajaran budaya di Indonesia sehingga peserta didik dapat lebih mengetahui dan menghargai keragaman adat istiadat/budaya.

Sedangkan Wahana Jelajah Angkasa dikembangkan agar peserta didik lebih mudah mengenal benda-benda angkasa. Selanjutnya, Bank Soal, berisi kumpulan soal-soal latihan/tes.

Untuk menggunakan layanan Ruang Belajar langsung saja kunjungi laman https://ruangbelajar/kemdikbud.go.id, atau bisa download aplikasi di play store dengan keyword ruang belajar.

comments

LEAVE A REPLY