Al-Samaani : Sistem Peradilan di Arab Saudi Sangat Adil

32

Lensaislam.com : Menteri Kehakiman sekaligus ketua Dewan Pengadilan Tertinggi Arab Saudi Sheikh Dr. Walid Bin Muhammad Al-Samaani mengatakan bahwa sistem peradilan di Arab Saudi sangat adil dengan mengikuti sistem peradilan Islam.

Sistem Peradilan di Arab Saudi juga tidak bertentangan dengan standar hukum internasional dan hak asasi manusia. Hal itu diungkapkan Al-Samaani untuk membantah pernyataan dari Menteri Luar Negeri Kanada berkomentar negatif tentang penerapan HAM di Arab Saudi.

“Kami dengan tegas menolak campur tangan dari pihak manapun dalam urusan negara kami, terutama di Peradilan, kami sangat menekankan independensi kami. Pernyataan Kanada adalah campur tangan terang-terangan dan tidak dapat diterima dalam urusan internal Kerajaan,” ungkap Al-Samaani, seperti dilansir dari Saudi Gazette, Jumat, (8/10/2018).

Al-Samaani menekankan bahwa pengadilan Saudi memberikan hak-hak yang dibutuhkan oleh para terdakwa disetiap proses persidangannya.

“Terdakwa memiliki hak untuk mendapatkan seorang pengacara. Bahkan Kementerian Kehakiman memberikan biaya untuk pengacara bagi mereka yang tidak memiliki kemampuan keuangan,” ungkap Al-Samaani.

Al-Samaani menegaskan bahwa Kerajaan tidak menyembunyikan apa pun dari sistem peradilannya yang banyak dikritik oleh Barat dan lembaga HAM internasilanl.

“Kami memiliki apa yang dengan bangga kami umumkan bahwa pengadilan di Kerajaan sangat terbuka, adil dan menerapkan semua standar persidangan,” kata Al-Samaani. (DH/MTD)

Sumber : Saudi Gazette | Redaktur : Hermanto Deli

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here